Radiasi Smartphone Berbahaya Lho.. Yuk kita Hindari..

Smartphone saat ini sudah menjadi gadget wajib yang dibawa oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Namun tahu kah Agan bila menggunakan smartphone dengan cara yang salah bisa menimbulkan masalah kesehatan parah seperti tumor hingga kanker?



Gambar Hanya Iustrasi | Image Courtesy of : linssky.com


Ya, menurut penelitian dari Departemen Kesehatan New York di awal tahun ini, terdapat sekitar 725 kasus tumor berbahaya (dari 53.000 kasus) yang menyerang otak dan saraf warganya dari tahun 2006 sampai 2010. Ratusan kasus itu ditengarai berkaitan dengan semakin meningkatnya penggunaan ponsel dan smartphone.

Meski sampai saat ini belum ada penelitian spesifik yang membuktikan keterkaitan antara kemunculan tumor atau kanker dengan radiasi dari smartphone, tentu akan lebih baik bila kita sebagai pengguna melakukan langkah antisipasi. Berikut adalah enam langkah preventif yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya radiasi smartphone.

1. Pakai Headset Bluetooth


Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : merdeka.com

Cara pertama tentu saja mengurangi pemakaian smartphone di daerah sekitar kepala, misalnya saat melakukan panggilan. Dan headset Bluetooth adalah perangkat tambahan yang paling disarankan oleh ahli untuk mengurangi paparan radiasi dari smartphone.

Jika Agan masih belum terbiasa menggunakan headset Bluetooth dalam waktu yang lama, sebaiknya Agan mulai mencobanya untuk panggilan-panggilan dengan durasi waktu lama.

Memakai headset Bluetooth juga sangat disarankan di menit-menit awal jika Agan merasa kurang nyaman memakainya terus menerus. Menit-menit awal panggilan adalah saat di mana radiasi smartphone paling banyak dikeluarkan.

2. Pilih Chatting Atau Voice Chat Ketimbang Telepon


 Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : iconfinder.com


Kini banyak sekali aplikasi chatting yang sudah menawarkan fitur pesan suara atau voice chat untuk menggantikan fungsi panggilan pada smartphone. Agan juga bisa memilih SMS dan chatting saja ketimbang harus membuat panggilan untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

Selain lebih menghemat biaya pulsa, langkah ini dapat mengurangi paparan radiasi karena pengguna akan cenderung memegang smartphone jauh dari kepala. Ingat, mengurangi frekuensi membuat panggilan adalah hal utama yang bisa mengurangi bahaya radiasi.

3. Simpan Smartphone di Tas Khusus dan Beri Casing Tambahan
http://s.kaskus.id/images/2014/12/03/2997486_20141203034518.jpg

Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : merdeka.com

 Saran ini mungkin sering kali Agan dengar di kehidupan sehari-hari. Tetapi, ternyata sangat sedikit sekali orang yang mengikuti saran ini, kerena banyak pengguna kerap merasa menyimpan smartphone di kantong celana dan kemeja memudahkan mereka untuk meraih smartphone.

Tetapi, beberapa penelitian menunjukkan bila radiasi smartphone dapat menyebabkan kanker atau menurunnya kualitas sperma. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk menyimpan smartphone di tas kecil yang kini banyak dijual serta menambah casing luar.

Selain melindungi dari benturan atau potensi smartphone jatuh, penambahan casing dapat mengurangi paparan radiasi dan menjauhkan smartphone dari bagian tubuh yang berpotensi terkena dampak radiasi.


4. Hindari Penggunaan Smartphone Berlebihan Saat Diperjalanan

 gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : merdeka.com

Saat traveling atau bepergian banyak orang yang cenderung beralih ke smartphone untuk menghindari kebosanan. Akan tetapi hal ini sejatinya sangat tidak disarankan, apalagi untuk melakukan panggilan.

Posisi Agan yang terus berubah-ubah dan melewati banyak tower seluler sepanjang perjalanan dapat meningkatkan jumlah radiasi yang dikeluarkan oleh smartphone. Hal ini akibat usaha ekstra smartphone untuk mendapatkan sinyal ke sumber jaringan terdekat.

'Larangan' tersebut juga berlaku saat di perjalanan Agan mendapati smartphone hanya mendapat sinyal yang minim. Saat sinyal yang didapat sedikit, smartphone akan mengimbanginya dengan meningkatkan pancaran sinyal yang berujung pada bertambahnya paparan radiasi.

5. Isi Daya Smartphone ditempat Yang Jauh Dari Jangkauan

http://s.kaskus.id/images/2014/12/03/2997486_20141203035150.jpg
 Gambar hanya ilustrasi | Image Courtesy of : merdeka.com

Apakah Agan termasuk orang yang mengisi daya smartphone di samping tempat tidur di malam hari? Jika iya, Agan sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan itu.

Sebab, kita tidak bisa mengawasi secara langsung apa yang terjadi pada smartphone saat kita mengisi ulang dayanya. Ada kalanya si smartphone akan mengeluarkan radiasi tinggi saat menerima banyak notifikasi. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengisi ulang daya smartphone di tempat-tempat yang jauh dari jangkauan kita dan keluarga, terutama anak-anak.

Tubuh anak-anak yang masih masuk tahap perkembangan dianggap lebih rentan terkena dampak buruk radiasi ketimbang orang dewasa.

6. Jangan Gunakan Perangkat Anti Radiasi


 Gambar hanya Ilustrasi | Image Courtesy of : merdeka.com

Dengan semakin meningkatnya kesadaran orang akan bahaya radiasi smartphone, banyak pihak yang mulai memproduksi alat tambahan yang diklaim dapat melindungi pengguna dari radiasi smartphone mereka, salah satunya dengan stiker anti radiasi.

Selain setelah stiker anti radiasi, muncul casing anti radiasi. Perangkat tambahan ini memang bisa mengurangi radiasi yang diterima oleh pengguna, tetapi casing itu juga dapat membatasi sinyal yang masuk dan justru menghambat panggilan.

Hal ini justru dapat membuat kita melakukan panggilan lebih sering dan meningkatkan resiko terkena radiasi dari smartphone kesayangan.






17 komentar untuk "Radiasi Smartphone Berbahaya Lho.. Yuk kita Hindari.."

  1. oh gitu ya gan, makasih atas informasinya gan

    BalasHapus
  2. In avoiding the, add rests for 30 minutes to the 60 minute block despite the fact that prada replica. How does the change any intelligence, it's possible you'll talk to? It is actually effortless. Serotonin levels is certainly needed for all job, thus this also will need to slumber wholly. Most people require detected in due course when these couldn't nap good or simply were definitely rather worn-out, these did not gucci replica belts over the online business attainable. If you'd like to strengthen an individual's intelligent power, get started with going to sleep as a minimum 8 a lot of time each and every day. For anybody who is worn-out with job, calm down for the 60 minute block. For those who always keep being employed not having getting your entire body a rest, you could burn out and this could change an individual's gucci replica together with intellectual competencies. Plenty of people calm down ahead of your TV FOR PC once job, however , one can find solution methods of superior slumber. Viewing television hinders any enhancement for intelligence because of the TV FOR PC may be a program to your governing administration which unfortunately courses some of our gucci replica to your worse yet. If you'd like to manifest as a shrewd together with multi-faceted temperament together with believe that appropriately, avoid viewing television. Our system is fashioned to make sure that a continuing process instantly will wear individuals released, together with absolutely nothing you can easliy undertake however , fall down. As expected, certainly, there wasn’t a good free of moisture total eye to be found. Any hugs together with kisses she have with this lady were definitely any equipment for mythical dvds. Focus on to have enjoyment from the best video clip regarding louis vuitton replica sale. Look over training books regarding self-development, communicating with those you love, see dvds that you choose to benefit from.

    BalasHapus
  3. Informasi yang sangat bermanfaat sekali, terimakasih :)

    BalasHapus
  4. berarti sebaiknya pake earphone ya gan biar berjarak dengan hp. Info Smartphone

    BalasHapus
  5. If some one must be updated with hottest technologies then he should be pay a fast visit this online page and be up thus far everyday. star-glasses.com

    BalasHapus
  6. SitusJudiBos.com Merupakan Daftar Review Situs Judi Online Terbaik dan Terpercaya Di Indonesia

    BalasHapus
  7. There are times when you are willing to make a change to your phone’s appearance, perhaps buying a new back cover grip or a nice dust plug. As simple as it might seem, sometimes you won’t be able to find the one which both suit your taste and has low reasonable price. Well, you know what I mean, yeah? I have found a simple solution which I highly recommend it to you too! I have started buying online and so I am saving a lot of more time
    https://aixonne.com/landings/buy-jewelry-watches-online
    https://aixonne.com/landings/mens-clothing-sale-sweater-swimwear
    https://aixonne.com/landings/buy-mobile-tablet-accessories
    mobile accessories are available at reasonable prices from different online stores like amazon or Aixonne. But besides buying good products I look for great guides and articles about how to buy different thing wiser or even news about newest products like cameras, phones, etc. In this case Aixonne has been my number one choice among all stores available on the internet as they publish varieties of posts in their blog daily. Posts about how to buy a good screen protector or gimbal or dust plugs or about other areas… you can learn all of these things from Aixonne’s great online magazine!
    https://aixonne.com/landings/buy-garden-tools-online-home-decor-items
    https://aixonne.com/landings/buy-drone-camera-lens-headphones-studio-equipment-xbox-ps4
    They do not offer products only in electronic and tech devices! Unique high quality clothes are available in their store and you can comfortably buy women’s cloth from maternity clothes to party dresses or pretty swimwears! Or purchase your next suit or sweater in their men’s clothing sale Or buy watch and even buy garden tools , etc.
    So don’t miss great products with affordable low prices at online stores like Aixonne!
    https://aixonne.com/landings/buy-womens-clothing-online

    BalasHapus
  8. بسیاری از مقاله های پزشکی نیاز به ترجمه تخصصی دارند. ترجمه تخصصی پزشکی
    خود را با خیال راحت به ما بسپارید. ترجمه تخصصی مقاله
    کار ساده ای نیست و حتما باید آن را به افراد متخصص در این زمینه سپرد. تیم ترجمه آنلاین با داشتن بهترین تیم ترجمه تخصصی کامپیوتر
    به کمک شما می آید. ترجمه تخصصی
    را حتما باید به افراد متخصص سپرد. به ما اعتماد کنید. پشیمان نخواهید شد. ترجمه فوری مقاله های خود را به ترجمه آنلاین بسپارید.

    BalasHapus
  9. terima kasih infonya gan, tetap semangat update, jangan lupa kunjungi juga Perkembangan Android Sampai Saat Ini

    BalasHapus

Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">Kode disini...</i> atau <i rel="pre">Kode disini...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image">URL gambar disini...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan <b rel="quote">Tulis catatan disini...</b>
Untuk menciptakan efek tebal, gunakan tag <b>Teks anda disini...</b>
Konversi Kode Back to Top

Back to Top